Bagaimana Wanita Muslim Menggunakan Mode Untuk Mendorong Pengaruh Politik?

Pakaian sederhana wanita Muslim terlihat sangat berbeda di Indonesia, perbedaan yang sebagian disebabkan oleh sejarah negara tersebut. Perempuan Indonesia secara historis tidak memakai penutup kepala, karena rambut dan pundak yang terbuka merupakan bagian dari estetika kecantikan tradisional Jawa. Bahkan, hingga baru-baru ini, kita bisa melihat di banyak toko baju pakaian sederhana itu identik dengan kurangnya selera. Jadi, meningkatnya popularitas pakaian sederhana tidak dapat dipahami sebagai kembalinya tradisi.

Selama hampir 100 tahun terakhir, rok dan blus bergaya sarung adalah pakaian yang secara resmi dipromosikan oleh pemerintah. Itu berubah secara dramatis tiga dekade lalu ketika popularitas pakaian dengan jilbab meroket setelah mantan presiden Soeharto mengundurkan diri. Gaya ini muncul sebagai kritik estetika terhadap rezim yang menekan keyakinan dan praktik Islam masyarakatnya. Sebagai wanita muda, berpendidikan tinggi semakin mengadopsi model pakaian muslim, itu menjadi tanda seorang wanita kosmopolitan. Dan karena jilbab dan pakaian sederhana tidak secara historis menjadi bagian dari praktik Islam di negara ini, wanita bebas untuk memakai barang-barang ini untuk mengekspresikan identitas yang sepenuhnya modern yang sepenuhnya kompatibel dengan pembangunan dan kemajuan nasional.

Ketika jilbab menjadi lebih dapat diterima dan diinginkan, muncul peluang untuk mempromosikan desain dan kain lokal. Menggunakan elemen-elemen lokal ini dibenarkan karena alasan ideologis dan praktis. Beberapa orang Indonesia prihatin bahwa pakaian Islami, terutama versi peliputan yang lebih ketat dan tidak mencerminkan pakaian untuk muslimah sesungguhnya. Dan hal yang pada umumnya diaggap benar memaksakan apa yang mereka lihat sebagai budaya Arab. Sehingga membuat beberapa orang berpendapat hal ini tidak mencerminkan Indonesia yang multikultural dan toleran. Jika wanita akan menutupi diri mereka dengan kain, jenis kain itu penting. Pola batik menjadi elemen desain penting dalam busana muslim di Indonesia karena itu artinya menanamkan pakaian dengan nilai estetika lokal. Terlepas dari popularitasnya yang meluas, batik yang dipadukan dengan jilbab secara simbolis sedikit menggelegar karena motif Hindu dan Budha dalam desainnya. Meskipun demikian, batik tetap dikaitkan dengan silsilah produksi kain Indonesia yang ada sebelum kolonialisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *